BLOG SMPN 4 AMUNTAI

SMP Negeri 4 Amuntai, Sekolah Model untuk Pelaksanaan LSBS (Lesson Study Berbasis Sekolah) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pada hari Senin s.d. Rabu (4 s.d. 6 Oktober 2010), di SMP Negeri 4 Amuntai dilaksanakan workshop untuk persiapan pelaksanaan kegiatan lesson study berbasis sekolah (LSBS). Pada kegiatan ini, pesertanya adalah para guru SMP Negeri 4 Amuntai dan beberapa guru dari sekolah lain, yaitu guru-guru dari SMP Negeri 1 Amuntai dan guru-guru dari SMP Negeri 2 Amuntai. Menurut Kepala SMPN 4 Amuntai, Bapak Abdullah Sani, M.Pd., maksud diundangnya guru-guru dari sekolah lain, adalah adanya harapan bahwa kegiatan lesson study tidak cuma dilaksanakan di SMP Negeri 4 Amuntai, tetapi mungkin juga dilaksanakan di SMP Negeri 1 Amuntai dan SMP Negeri 2 Amuntai bila mereka tertarik untuk mencoba kegiatan ini. Workshop dibuka oleh Pejabat di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu oleh Kabid. Dikmen Disdikbud Kab. HSU Bapak Drs. Mashudi.

Lesson study yang merupakan suatu model pembinaan profesi bagi guru ini, di mana guru-guru belajar dari pembelajaran yang dilaksanakannya atau pembelajaran yang dilaksanakan oleh koleganya. Pada kegiatan lesson study berbasis sekolah yang dicanangkan akan dilaksanakan sepanjang semester ganjil ini (untuk tahap I), akan dilakukan 12 kali open class dengan 12 orag guru model dari setiap mata pelajaran. (12 kali open class ini belum termasuk hitungan 2 open class yang telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2010 lalu dengan guru model Ibu Ernawati, S.Pd. untuk mata pelajaran IPA dan guru model Bapak Kaspul Anwar, S.Pd. untuk mata pelajaran matematika).

Kegiatan lesson study terdiri dari 3 tahapan, yaitu: (1) tahapan plan (perencanaan); (2) tahapan do (pelaksanaan); dan (3) tahapan see (melihat/merefleksi). Pada workshop LSBS (Lesson Study Berbasis Sekolah) yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 ini, dihadirkan narasumber dari LPMP Kalimantan Selatan dan Universitas Lambung Mangkurat. Dari LPMP Kalimantan Selatan narasumber yang mengisi kegiatan workshop adalah Etriani, M.Pd. dan Suprapto, M.Pd., sedangkan dari Universitas Lambung Mangkurat diisi oleh Ibu Agni Danariyanti, M.Pd. dan Ibu Eko Sulistyowati, M.Pd. Melalui workshop tersebut, para narasumber memberikan materi-materi lesson study yang harus terlebih dulu dikuasai oleh para peserta kegiatan LSBS ini, misalnya tentang pemahaman apa sebenarnya lesson study itu; tentang apa-apa yang harus dipersiapkan oleh suatu kelompok lesson study saat melaksanakan tahapan plan, do, dan see; hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang guru model saat melaksanakan open class; hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh para guru yang bertindak sebagai observer; hal-hal apa saja yang harus digali oleh moderator pada sesi diskusi di tahapan see, dan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh disampaikan/tata cara menyampaikan hasil observasinya di tahapan do pada saat sesi diskusi di saat melaksanakan tahapan see.

Kegiatan Lesson Study Berbasis Sekolah ini ternyata telah memberikan semangat baru untuk lebih memperbaiki pembelajarannya masing-masing dengan cara kolaboratif bagi guru-guru SMP Negeri 4 Amuntai. Hal ini tampak jelas dari 3 hari kegiatan workshop yang dilaksanakan, di mana para peserta (guru-guru) kelihatan sangat antusias. Kesempatan yang tersedia pada sesi-sesi dialog yang diberikan oleh para narasumber baik dari LPMP Kalimantan Selatan dan Universitas Lambung Mangkurat benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dan dialog yang dilontarkan. Bahkan, hingga hari ini, para guru terlihat begitu bersemangat untuk melaksanakan target 12 kali open class yang akan dilaksanakan sepanjang semester ganjil di tahun 2010/2011 ini. Jadwal open class telah disiapkan oleh Bapak Irwan Rozanie selaku Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan diharapkan pemantauan dan pembimbingan yang tak terputus dari LPMP Kalimantan Selatan dan Universitas Lambung Mangkurat untuk kesuksesan kegiatan ini.

October 9, 2010 - Posted by | Kegiatan Sekolah | , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: